My First TOEFL Test

Hi!

Berhubung beberapa waktu lalu aku habis melaksanakan test TOEFL, dan aga2 bingung saat mempersiapkanya, jadi aku mau share sedikit serba serbi testnya dan ‘how to preparednya’ biar kalian ga ngalamin kaya aku gitu lah yaaaa

Pertama adaah, belajar. tentu aja harus karena eh karena sudah berbulukan ria kan kita dengan belajar bahasa inggris terutama grammar yang sudah dipelajari dari SD sampe kuliahtingkat awal, ternyata masih aja buta.

Sebaiknya ikut les atau belajar sendiri?

Dua duanya pilihan yang bagus, tentu. bagusnya kita jabarin aja kali ya…

  1. Les. Selain karena waktu yang sudah dipastikan jam segitu hari itu ‘pasti’ belajar, les juga punya banyak keuntungan, ada temen dan native yang jadi sumber pasti bertanya. les juga harus dipikir2 dulu ya geng. karena kalau mau les harus rajin-rajin browsing (secara nyata dan maya) tentang tempat les itu sendiri, saran aja sih kalau lembaga tes TOEFL kamu menyediakan layanan les bagusnya ambil disana aja, selain karena materinya pasti diajarkan juga biar nantinya kamu familiar sama tempat tes toeflnya jadi gaakan dag dig dug ga jelas hehe.
  2. Belajar sendiri. Dengan budget relatif lebih murah dan waktu yang fleksible, kalau kamu orang yang cukup tegas sama diri sendiri ada bagusnya juga loh kamu ambil belajar sendiri. Cuma, pastikan aja, buku yang kamu pelajari keluaran terbaru *Atau minimal 5 tahun kebelakang, biar topik bacaan dan dengerinya uptodate. Selain itu, untuk milih buku, pastikan juga ada tips2/ strategi ngerjain soalnya. Bukan maksud promosi loh yaaa, cuma strategi itu ngebantu bgt terutama untuk kamu yang udah lama ga belajar teori bahasa inggris dan baru mau lagi menjelang tes toefl. Dan yang juga harus harus harus adalah, ada latihan soal (LEngkap) part listening beneran berupa audio, part structure, dan part reading, yang juga harus adalah ada kunjaw!! bagusnya lagi sih ada lenbar jawaban komputer, supaya bisa latihan ngisi *ngebuletin- kalo tefl PBT* diwaktu pula, karena oh karena waktu dan peraturan tes toefl yang terbilang cukup ketatss.

That’s it guys. pada akhirnya mau ikut les atau belajar sendiri baik buku printout ataupun digital yang penting adalah kitanya serius dan sungguh-sungguh untuk belajar. Insyaallah dapet hasil yang maksimal. 🙂

good luck!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s